Batu-Batu Unik Ini Seolah-Olah Hidup.

Batu-Batu Unik Ini Seolah-Olah Hidup.
Sebuah batu yang aneh bernama Trovants ditemukan di sebuah desa di Costesti, Rumania. Batu aneh ini tumbuh semakin besar saat hujan dan bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa bantuan orang yang memindahkannya.

Seperti diberitakan Oddity Central, batu Trovants merupakan fenomena geologi yang sangat menakjubkan. Batu-batu unik ini tumbuh seolah-olah mereka hidup.

Batu unik ini dihasilkan oleh aktivitas seismik. Trovants tumbuh ketika terkena air, batu kecil berukuran enam sampai delapan millimeter dan akan menjadi besar hingga berukuran enam sampai sepuluh meter.

Trovants terdiri dari inti batu, dengan kulit luar berupa pasir. Setelah hujan deras, batu-batu kecil itu akan berubah bentuk menjadi lebih besar.

Beberapa ilmuwan melakukan penelitian untuk menjelaskan keanehan yang terjadi dengan batu Trovants. Para ilmuwan mempercayai bahwa di bawah bagian batu mengandung unsur mineral yang tinggi. Sehingga ketika permukaan menjadi basah, mineral mulai menyebar dan akan menekan pasir untuk membesar. Hal inilah yang membuat batu-batu itu tumbuh.

Batu-batu Trovants ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang popular di Rumania. Muzeul Trovantilator adalah sebuah museum untuk melindungi batu unik ini yang telah diresmikan pada 2004 silam. Saat ini Batu Trovants telah dilindungi oleh UNESCO.
sumber : international.okezone
foto : okezone & Oddity

Seorang Petualang Mencari Makanan Di Tempat Sampah