Penemuan Fosil Dinosaurus Terbesar

Penemuan Fosil Dinosaurus Terbesar | Tim paleontolog  University of Pennsylvania menemukan fosil dinosaurus raksasa di China, yang dinamai Yongjinglong datangi. Blog ini tentang Informasi Unik dan Menarik

Fosil tersebut diperkirakan menjadi salah satu spesies hewan terbesar yang pernah berjalan di Bumi. Yongjinglong datangi tercatat memiliki panjang 60 meter.

Dilansir io9, Senin 3 Febuari 2014, dinosaurus raksasa itu hidup di wilayah China pada periode Cretaceous awal, sekitar 100 juta tahun silam.

Spesimen dinosaurus yang ditemukan masih tergolong remaja, namun sudah memiliki panjang hingga 60 meter.

Sebagai gambaran spesies raksasa ini, dapat dibandingkan dengan Alamosaurus, spesies titanosaurus yang berukuran sangat besar.

Tim peneliti mengakui, tidak banyak menemukan spesimen mengingat hanya menemukan tiga gigi, delapan tulang belakang, tulang pundak, tulang lengan serta tulang hasta dari kaki kanan fosil tersebut.

Namun, potongan fosil itu sudah cukup untuk menyimpulkan temuan peneliti itu merupakan spesies yang sama sekali baru. Fosil ini juga dianggap sebagai salah satu titanosaurus yang terbagus yang pernah ditemukan.

Temuan fosil itu dianggap unik bukan hanya dari sisi ukuran yang tergolong luar biasa besar. Peneliti juga menyoroti tulang pundak yang aneh, yakni saat dipasangkan dengan cara konvensional, tulang pundak tak cocok dengan tubuh fosil. Tulang itu berorientasi pada sudut 50 derajat dari sisi horisontal.

Fitur Baru Facebook 'Look Back'