Fosil Bayi Reptil Laut Berusia 248 Juta Tahun


Fosil Bayi Reptil Laut Berusia 248 Juta Tahun | Peneliti mengklaim telah menemukan fosil bayi reptil laut tertua yang berusia 248 juta tahun. Temuan ini memecahkan rekor fosil sebelumnya yang hanya berusia puluhan juta tahun. Blog ini tentang Informasi Unik dan Menarik

Menimbang umurnya, fosil ini merupakan spesies yang diperkirakan hidup di era Mesozoic, dengan periode hidup 252-66 juta tahun lalu.

Dilansir National Geographic, Jumat 14 Februari 2014, peneliti menemukan tiga embrio bayi ichthyosaurs, reptil laut yang mirip belut, masih dalam tahap awal kelahiran.

Satu embrio bayi berada di dalam dekapan induknya, embrio kedua terjebak di pinggul induknya dan embrio terakhir ditemukan mati.

Temuan hewan tertua dalam genus Chaohusaurus ini bukan hanya mengejutkan dari sisi usia. Peneliti juga terkejut ketika melihat hewan ini lahir di dalam air, bukan di darat seperti diduga sebelumnya.

Alasannya, fosil mirip belut yang dijuluki monster laut raksasa itu diperkirakan melahirkan dengan memunculkan kepala terlebih dahulu. Berbeda dengan kebanyakan bayi hewan laut, seperti paus maupun sapi laut, yang melahirkan dengan ekor muncul terlebih dulu.

"Ini adalah kejutan besar. Awalnya, saya tak dapat mempercayai mata saya saat melihat itu," ujar Ryosuke Motani, ahli reptil laut prasejarah University of California, yang juga pemimpin studi.

Keanehan itu berdasar. Selama ini, hukum alam menyebutkan reptil menghasilkan keturunan dengan bertelur dan mamalia dengan cara melahirkan.

Tapi, riset ini mengungkapkan terdapat lintasan evolusi pada spesies reptil di masa purba. Reptil diketahui pernah bertelur dan melahirkan, sebelum akhirnya reptil hanya bertelur. Peneliti mencatat dalam sejarah, reptil mengalami evolusi 100 kali.

Namun demikian, masih banyak kesenjangan dalam pengetahuan ilmiah seputar reptil purba ini.

Saat evolusi pertama ichthyosaurs, reptil ini diyakini sempat menjadi hewan darat kemudian menjadi spesies laut. Beberapa spesies pertama hidup di air, seperti Chaohusaurus yang menghaslkan keturunan dengan cara melahirkan.

Penemuan Fosil Dinosaurus Terbesar