Suara Unik Jangkrik 165 Tahun Yang Lalu

Suara Unik Jangkrik .serbatujuh.blogspot.com

Suara jangkrik adalah salah satu suara yang turut meramaikan malam di beragam belahan dunia. Dan, ilmuwan mengatakan bahwa suara jangkrik telah meramaikan malam sejak 165 juta tahun lalu. 
Baru-baru ini, palaentolog berhasil merekonstruksi suara jangkrik dari masa 165 juta tahun lalu. Ilmuwan merekonstruksinya berdasarkan fosil sayap jangkrik purba yang masih terawetkan dengan baik. Temukan informasi unik lainnya hanya di : Klik > Kumpulan 7 Informasi Unik Dan Menarik

Jangkrik diketahui menghasilkan suara dengan sayapnya. Bagian yang bertugas menghasilkan suara, disebut stridulating organ, masih bagus sehingga ilmuwan bisa memperkirakan suara yang dihasilkan.

Ilmuwan menyimpulkan bahwa jangkrik purba spesies Archaboilus musicus menghasilkan suara krik-krik yang pendek. Suara dapat didengarkan di link berikut.

Rekosntruksi suara jangkrik ini adalah hasil penelitian dari Jun-Jie Gu dari College of Life Science, Capital Normal University, Cina dan rekan yang dipublikasikan di jurnal PNAS, November 2011.

Penelitian juga dilakukan dengan membandingkan suara jangkrik purba dengan suara 59 spesies jangkrik yang hidup masa kini. Hasil riset menunjukkan bahwa anatomi yang mendukung produksi suara telah berevolusi sejak jutaan tahun lampau. 1001 Bantahan Angelina Sondakh

Suara jangkrik purba, seperti halnya jangkrik modern, diproduksi untuk menunjukkan eksistensi diri dan menarik pasangan. Bonusnya, dengan riset ini kita bisa lebih tahu suasana malam masa lampau.
source : Scientific American