Seniman Ini Pahat Seluruh Gua Sendirian



Mungkin Ra Paulette merupakan pemahat paling berdedikasi yang pernah ada. Bagaimana tidak? Ia memahat seluruh isi gua di New Mexico dengan berbagai ukiran rumit yang indah. 


Ra melakukannya sendirian hanya dengan menggunakan alat kapak beliung dan gerobak. Ia belajar seni pada 1985 setelah menjalani berbagai jenis pekerjaan dengan diawali melakukan penggalian membangun WC atau sumur. Pria berusia 67 tahun itu kemudian menjajal gua pada 1987 di lahan publik di Arroyo Seco dan langsung ramai jadi tontonan wisatawan. 



Setelah itu Ra kerap diminta memahat gua oleh para pecinta seni. Namun Ra mengaku tidak sembarangan memahat gua karena menunggu inspirasi yang mendatanginya. Sekarang ia fokus mengerjakan proyek 10 tahun bertajuk "magnum opus" yang sudah berjalan 3 tahun dan ia klaim bakal menakjubkan saat sudah jadi nanti. 



Ra mengaku pernah mencoba mencari asisten untuk membantunya namun malah membuat proses pengerjaan tidak berjalan mulus. Ia juga menuturkan caranya mengakali kelelahan fisik selama memahat gua yang medannya sulit. "Saya menghindari mendorong gerobak di tanjakan, itu sebabnya bagian lantai lebih tinggi dari pintu masuk," tuturnya. 



Gua Ra tersebut tampil dalam film dokumenter berjudul "Cavedigger" yang masuk nominasi Piala Oscar. "Spektakuler, guanya setara dengan seniman paling terkenal, namun hanya beberapa orang di utara New Mexico menyadari karyanya," tulis sutradara Jeffery Karoff.



Gedung Tertipis Di Dunia Ada Di Shanghai