Khasiat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan


Bunga kenanga memiliki wangi yang harum dan biasanya dikenal sebagai pohon parfum. Tanaman ini termasuk tanaman liar yang dapat mencapai tinggi hingga 30 meter dan dapat tumbuh subur pada ketinggian 1200 m dpl. Bunga kenanga merupakan bunga yang digemari oleh keluarga keratin karena memiliki wangi yang harum. Selain itu bunga kenanga banyak digunakan dalam bahan kosmetik seperti parfum, sabun, masker dan lulur. Selain sangat berguna untuk kecantikan, bunga kenanga juga memiliki khasiat lainnya untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti diantaranya: 

1. Berkhasiat Untuk Mengobati Reumatik Dan Encok. Bunga kenanga dapat mengobati penyakit reumatik dan encok . Cara menggunakannya : Mengatasi rematik encok dengan menggunakan 10-15 gram bunga kenanga yang belum mekar, 30 gram daun srikaya, 20 gram daun ketapang, 20 gram jahe, 10 butir merica, dicuci lalu ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya, kapur sirih secukupnya, kemudian diaduk rata lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan pengobatan 2 kali sehari. 

2. Berkhasiat Untuk Mengobati Demam Nifas Kenanga juga dapat digunakan untuk mengobati demam nifas. cara menggunakan kenanga untuk mengobati demam nipas dengan memakai 5 kuntum bunga kenanga, 5 kuntum bunga turi merah, 10 gram kencur, 10 gram kunyit, 10 gram temu hitam, 25 gram asam. Semua bahan diatas ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam dan air matang secukupnya, kemudian digosokkan pada bagian punggung atau sebagai tapal pada perut. Lakukan 2 kali sehari. 

3. Berkhasiat Untuk Mengobati Penyakit Kulit Seperti Kudis Untuk kudis gunakan 50 gram kenanga dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus, tambahkan 20 cc minyak kelapa dipanaskan sebentar, setelah dingin oleskan pada bagian kulit yang sakit 2 kali sehari. 

4. Berkhasiat Untuk Mengobati Sakit Kepala Obat alami untuk mengobati sakit yaitu dengan bunga kenanga. Kandungan dari bukan kenanga itu sendiri dapat meredakan sakit kepala. Caranya dengan 15 gram bunga kenanga, 15 gram jahe diiris-iris kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat. 

5. Berkhasiat Untuk Mengobati Malaria Untuk mengobati malaria dengan 10-15 gram bunga kenanga kering disedu dengan 200 cc air mendidih kemudian ditutup rapat, kemudian disaring dan selagi hangat airnya diminum. Lakukan secara teratur. Itulah beberapa manfaat dari bunga kenanga yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

WC Umum Tertua di Dunia Usianya 240 Juta Tahun